Halaman

23 July 2017

APLIKASI KWITANSI SEDERHANA

APLIKASI KWITANSI SEDERHANA


Aplikasi Kwitansi ini hanya sekedar membantu teman - teman sekalian, karena Aplikasi Kwitansi ini sangat sederhana sekali dan semoga dapat membantu bagi yang membutuhkan serta semoga bermanfaat.

Adapun beberapa langkah - langkah dalam pengerjaan Aplikasi ini yaitu  sebagai berikut :

1. Silahkan download filenya di sini ==>> download
 

2. Setelah file tersebut anda download >>> silahkan double klik dan akan terbuka file tersebut seperti pada gambar di bawah ini :


3. Kemudian silahkan isi data - datanya sesuai dengan kebutuhan anda, setelah dirasa benar dan yakin tidak ada kesalahan silahkan anda tekan tembol Simpan. (gambar diatas)

4. Dan atau Anda ingin melihat data yang anda Input silahkan tekan tan silang (X) di pojok kanan atas pada Form Kwitansi.

5. Ketika Anda menekan tombol silang (X) maka anda secara Otomatis akan melihat file tersebut seperti pada gambar di bawah.



6. Kemudian silahkan anda menekan tombol Countinue pada gambar diatas, setalah itu maka tampilannya akan seperti gambar dibaawah ini :



7. Setelah tampilannya seperti pada gambar diatas maka anda bisa untuk Mengedit data jika terdapat kesalahan, namun jika dirasakan tidak ada kesalahan maka anda bisa meng-klik tombol Back dan setelah itu anda akan melihat tampilan kwitansinya seperti pada gambar di bawah ini.


Nah teman-teman kira-kira begitu penjelasan saya tentang penggunaan Aplikasi Kwitansi yang sangat sederhana ini, semoga saja bisa dipahami.

Semoga kita bisa bertemu lagi dilain kesempatan pada Aplikasi yang berbeda. Amin..


03 July 2017

APLIKASI PENDAFTARAN ANGGOTA BARU SAKA BHAYANGKARA

APLIKASI PENDAFTARAN ANGGOTA BARU SAKA BHAYANGKARA


Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah bagi para anggota baru yang mana dalam proses pendaftarannya tidak terlalu ibet dan jelimet,,

Untuk lebih mudahnya berikut ini adalah langkah - langkah dalam proses pengisian di Aplikasi tersebut.


1.     Silahkan Download aplikasinya klik download
2. Setelah Anda selesai men-download, silahkan buka New Documen pada Microsoft Excel (bukan aplikasi)

3.   Aktifkan atau Enable-kan setting Macro di Microsoft Excel Anda.

4.    Jika Macro sudah aktif maka tampilan awanya seperti gambar di bawah ini


5. Kemudian silahkan anda mengisi kolom isian tersebut sesuai dengan kebutuhan anda.
6. Jika yakin dalam pengisian data tersebut tidak ada kesalahan silahkan klik tombol simpan.
7. Setelah selesai Menyimpan silahkan tutup Aplikasinya dengan klik tanda X di pojok kanan atas. kemudian anda akan masuk ke Data base Microsoft Ecxel.

==== Salam Pramuka ====

28 February 2017

Aplikasi SK Pembagian Tugas dan GTT


APLIKASI SK. PEMBAGIAN TUGAS MENGAJAR DAN  SK. GTT

Aplikasi ini sengaja saya buat untuk membantu para teman-teman khuusnya yang ber-profesi sebagai pegawai negeri. Aplikai ini saya buat demo, karena saya pribadi masih merasa ada kekurangan disan-sini, jadi saya harap kritik dan masukan yang positif dari teman-teman.

Sebelum membuka Aplikasi ini pastikan terlebih dahulu Macro Setting-nya Aktif, jika tidak aktif maka aplikasi ini tidak bisa terbuka. 

Dan unuk password saat login lihat pada gambar di bawah ini :





mungkin demikian kiranya, semoga kita bisa berjumpa di lain waktu dengan aplikasi yang berbeda, semoga bermanaaf.

Untuk Aplikasinya silahkan klik

  • Versi tahun pelajaran Tahun Pelajaran 2016/2017 download 
  • Versi Revisi Tahun Pelajaran 2018/2019 download
  • Versi Revisi Tahun Pelajaran 2019/2020 dowload

Aplikasi ini adalah aplikasi gratis, jadi silahkan di bagi-bagikan kepada yang lain, jika ingin berdonasi se-ikhlasnya saja melalui BRI - 009501005450538 - A.n Eka Herry Susanto 

09 February 2017

Cara Menggunakan Rumus COUNTIF dan COUNTIFS di Excel


WarungBelajarExcel.com - Jika pada artikel sebelumnya kita sudah belajar Cara Menggunakan fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK di Excel, Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang fungsi atau rumus COUNTIF dan COUNTIFS. Jika di lihat dari nama fungsinya ( COUNTIF atau COUNTIFS ) berasal dari gabungan fungsi COUNT dan Fungsi IF,  bagi yang sudah pernah belajar tentang Fungsi COUNT dan Fungsi IF pasti sudah bisa menebak-nebak fungsi dari COUNTIF dan COUNTIFS ini. Untuk lebih jelasnya silahkan lanjutkan membaca tutorial ini. 

Cara Menggunakan Fungsi COUNTIF di Excel


Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam suatu range atau rentang yang memenuhi kriteria tunggal yang telah kita tentukan sebelumnya.

Penulisan Syntax fungsi COUNTIF:

=COUNTIF(range; criteria)
Penjelasan:
range : merupakan range atau rentang data yang akan digunakan sebagai rentang pertama untuk mengevaluasi kriteria yang terkait.
criteria: merupakan kriteria dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, atau teks.

Contoh Penggunaan Fungsi COUNTIF di Excel:
Pada contoh gambar di atas, kita akan menghitung berapa banyak siswa yang Lulus untuk itu penulisan rumusnya adalah =COUNTIF(E3:E7;"Lulus") hasilnya adalah 3, karena hanya ada 3 siswa yang lulus.

Penulisan data pada kriteria COUNTIF sifatnya tidak case sensitive atau bisa menggunakan huruf kecil maupun huruf besar (kapital), misal kata Lulus bisa juga di tulis lulus, LULUS, LuLus dan sebagainya.

Cara Menggunakan Fungsi COUNTIFS di Excel


Fungsi COUNTIFS digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam suatu range atau rentang yang memenuhi beberapa kriteria.

Penulisan Syntax Fungsi COUNTIFS:

=COUNTIFS(criteria_range1; criteria1; [criteria_range2]; [criteria2] ...)
Penjelasan:
criteria_range1 : merupakan range atau rentang data yang akan digunakan sebagai range pertama untuk mengevaluasi kriteria yang terkait.
criteria1 : merupakan kriteria pertama, bisa berupa angka, ekspresi, referensi sel atau teks.
criteria_range2 dan criteria2 : merupakan range dan kriteria tambahan yang sifatnya opsional. Range atau kriteria tambahan maksimal sampai 127 range atau kriteria.

Contoh Penggunaan Fungsi COUNTIFS di Excel:


Pada contoh gambar di atas, kita akan menghitung jumlah siswa laki-laki yang lulus, maka penulisan rumusnya adalah =COUNTIFS(D3:D7;"L";E3:E7;"Lulus"hasilnya 1 karena hanya ada satu siswa laki-laki yang lulus. Untuk menghitung jumlah siswa perempuan yang lulus bisa menggunakan rumus =COUNTIFS(D3:D7;"P";E3:E7;"Lulus") hasilnya 2 karena ada 2 siswa perempuan yang lulus.

Sekian tutorial cara menggunakan rumus COUNTIF dan COUNTIFS di Excel, Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat...

26 November 2016

Menggunakan Fungsi IF


Diantara fungsi logika excel, Fungsi IF merupakan salah satu fungsi microsoft excel yang sering kita gunakan. Hal ini kita butuhkan untuk memenuhi sebuah kondisi syarat tertentu.

Misalnya dalam kasus nilai ujian, seorang anak dinyatakan lulus jika beberapa mapel memenuhi kriteria nilai tertentu.

Untuk lebih memahami bagaimana menggunakan funsgsi-fungsi excel tersebut ke dalam rumus excel, kali ini kita pelajari bersama cara menggunakan rumus gabungan tersebut. Namun, sebelum itu ada baiknya anda membaca tutorial atau cara menggunakan fungsi-fungsi tersebut pada artikel belajar excel sebelumnya. 

MENGGUNAKAN RUMUS IF 


Fungsi IF digunakan untuk menjalankan sebuah rumus excel tertentu jika kondisi atau syarat tertentu terpenuhi dan menjalankan sebuah rumus excel lainnya jika kondisinya tidak terpenuhi.

Sintak atau cara penulisan fungsi IF adalah :

Rumus Excel :   =IF(logical_tes;[value_if_true];[value_if_false])


Agar lebih mudah difahami kita langsung ke contoh soal saja.

Ada data siswa, dari hasil tes ulangan yang hanya lulus yang mempunyai nilai diatas 60. Tentukan siapa saja yang akan lulus

Data siswanya sebagai berikut :



Dari data diatas siswa yang dinyatakan LULUS / TIDAK LULUS ada di KOLOM C Berisi Nilai 60

Maka masukkan rumus excel berikut di cell D2

=IF(C2>=60;"Lulus";"Tidak Lulus")


Copy-Paste atau tarik kebawah menggunakan fitur autofill rumus pada sel D2 diatas sampai pada sel D11. Hasil akhir pada masing-masing sel pada kolom D adalah sebagai berikut:


Dari data diatas maka kita ketahui bahwa siswa yang TIDAK LULUS adalah 5, 7 dan 10



Dari penjelasan diatas semoga sudah tidak ada lagi pertanyaan mengenai rumus ini.

07 November 2016

SUMPRODUCT EXCEL : Mengalikan dan Menjumlahkan Baris Data Yang Bersesuain Pada microsoft Excel

SUMPRODUCT merupakan salah satu fungsi pada Microsoft Excel yang digunakan dalam rumus Excel untuk mendapatkan jumlah dari hasil perkalian antara baris-baris yang bersesuaian pada beberapa Array atau sekumpulan data.

SINTAKS

SUMPRODUCT(array1, [array2], [array3], ...)

Penjelasan sintaks fungsi SUMPRODUCT:

  • array1 : (Diperlukan) Kumpulan data atau Array pertama yang ingin kita kalikan dan jumlahkan.
  • [array2], [array3], ... : (Opsional) Kumpulan data atau Array lainnya yang ingin dapatkan total penjumlahannya setalah dikalikan dengan Array pertama.

CATATAN:
  1. Dimensi Array (Tinggi dan lebar) pada argumen-argumen fungsi Sumproduct ini harus sama
  2. Data pada array yang tidak berupa angka (numeric) akan dianggap sebagai nol (0)

CONTOH

Perhatikan contoh penggunaan fungsi sumproduct berikut dalam rumus microsoft Excel.

Contoh Sumproduct Microsoft Excel 1

=SUMPRODUCT(B2:B6;C2:C6)
Pada rumus excel tersebut nilai pada masing-maisng sel B2:B6 akan dikalikan dengan nilai pada masing-masing sel pada C2:C6 kemudian masing-masing nilai perkalian tersebut akan dijumlahkan.

Contoh Sumproduct Microsoft Excel 2
=(5*1)+(4*2)+(3*3)+(2*4)+(1*5)
Hasilnya adalah 5+8+9+8+5 = 35
=SUMPRODUCT(B2:C6)

Contoh Sumproduct Microsoft Excel 3

Untuk rumus kedua diatas lebar array pertama adalah 2 kolom dengan tinggi 5 baris (C2:B6). Sedangkan argumen Array ke-dua tidak diisi sehingga hasilnya hanya menjumlahkan nilai sel yang ada pada B2:B6 yakni 5+4+3+2+1+1+2+3+4+5 = 30
=SUMPRODUCT(B2:C6;D2:E6)
Contoh Sumproduct Microsoft Excel 4

Pada contoh ketiga, array pada masing-masing argument memiliki dimensi 2 kolom x 5 baris. Masing-masing nilai pada array ini akan dikalikan dengan baris nilai yang sesuai sehingga didapat:
(5*10)+(4*20)+(3*30)+(2*40)+(1*50)+(15*150)+
(1*100)+(2*200)+(3*100)+(4*200)+(5*100)+(15*700)
Hasilnya adalah 2450.
=SUMPRODUCT(B2:B6;C2:D6)
Contoh Sumproduct Microsoft Excel 5

Untuk rumus excel ketiga diatas argumen array pada fungsi sumproduct tidak memiliki dimensi yang sama. Dimensi Array pertama  1 kolom dan 5 baris, sedangkan array kedua memiliki dimensi 2 kolom x 5 baris sehingga menghasilkan nilai error #VALUE.

Masih kurang jelas? Silahkan disampaikan dikolom komentar.

06 November 2016

Cara Menemukan Data Ganda (Duplikat) Pada Excel

Cara Menemukan Data Ganda (Duplikat) Pada Excel

Conditional formatting merupakan salah satu fitur microsoft excel yang digunakan untuk melakukan format sel sesuai nilai dari sel tertentu yang dimaksud. Dengan fitur ini kita akan lebih mudah menemukan data duplikat, data ganda atau data yang sama pada sebuah rentang data tertentu. Begitu pula sebaliknya, yakni menemukan data unik dari sekumpulan data yang kita miliki.

ebelum kita lanjut barangkali anda juga ingin membaca:
  1. Cara Menandai Sel yang Berisi Teks Tertentu Pada Excel
  2. Cara Menandai Sel yang Berisi Angka Tertentu Pada Excel

Untuk menemukan data ganda atau data yang memiliki duplikat lakukan langkah-langkah berikut :


CARA 1 MENEMUKAN DUPLIKAT DATA EXCEL


  1. Seleksi rentang data yang kita ingin cari data duplikatnya.

    Cara Menemukan Duplikat Data Excel 1
  2. Pilih menu : Home -- Conditional Formatting -- Highlights Cells Rules -- Duplicates Values

    Cara Menemukan Duplikat Data Excel 2
  3. Dari Option Box yang muncul tentukan format sel yang dikehendaki.

    Cara Menemukan Duplikat Data Excel 3
  4. Klik OK selesai.
Hasil yang kita peroleh dari langkah-langkah diatas adalah seperti gambar berikut:

Cara Menemukan Duplikat Data Excel

Jika format sel yang anda kehendaki tidak ada pada pilihan diatas lakukan cara kedua berikut.

CARA 2 MENEMUKAN DUPLIKAT DATA EXCEL


  1. Seleksi rentang data yang kita ingin cari data duplikatnya.

    Cara Mencari Duplikat Data Excel 1
  2. Pilih menu : Home -- Conditional Formatting -- New Rule

    Cara Mencari Duplikat Data Excel 2
  3. Dari Option Box yang muncul pilih "Format only unique or duplicate value"
  4. Pada bagian "Edit the rule description" pilih Duplicate dan tentukan format yang anda kehendaki. Misal sel akan kita fill warna merah.

    Cara Mencari Duplikat Data Excel 3
  5. Klik OK selesai.

Hasil yang akan kita dapat sebagai berikut

Cara Mencari Duplikat Data Excel

Untuk menemukan data Unik atau data yang tidak ganda anda hanya perlu memilih unique pada langkah-langkah diatas.

Postingan Aplikasi

Revisi Aplikasi SKL

  APLIKASI SKL  DAN  SKHU Revisi Aplikasi SKL Dalam Aplikasi SKL Dan SKHU SD/MI Tahun 2023 Versi Excel Terbaru  ini terdapat beberapa fitur ...