Halaman

06 November 2016

Rumus Excel Untuk Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian

Rumus Excel Untuk Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian

Hal mendasar yang perlu kita kuasai dalam belajar excel adalah melakukan operasi matematika penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian. Hal ini sebenarnya sudah saya singgung sedikit pada postingan tentang Operator Perhitungan Microsoft Excel. Namun dalam artikel tersebut pnejelasannya masih umum.

Untuk melakukan pengurangan, perkalian dan pembagian, excel tidak menyediakan fungsi khusus. berbeda dengan penjumlahan dimana excel menyedikan fungsi SUMSUMIF, SUMIFS dan lain-lainnya. untuk lebih jelasnya akan kita bahas satu per satu.

Rumus Penjumlahan Excel


Cara Pertama


Cara yang paling mendasar dalam melakukan penjumlahan didalam Excel adalah dengan menggunakan operator plus (+). Cara penulisan rumusnya sama seperti saat kita menuliskan soal penjumlahan seperti pada umumnya. Misalkan kita ingin menjumlah angka 10,20,30,40,50 maka rumus excelnya kita tulis :

=10+20+30+40+50

Jika ingin menjumlahkan angka-angka didalam sebuah cell misalkan masing-masing pada cell A2 hingga A6 terisi angka 10,20,30,40,50 dan kita ingin menjulahkan cell-cell tersebut maka rumus excelnya :

=A2+A3+A4+A5+A6

Cara Kedua


Cara kedua dalam melakukan penjumlahan adalah dengan menggunakan fungsi SUM pada Excel. Untuk fungsi SUM sendiri bisa anda pelajari pada tulisan sebelumnya. Menjumlahkan data atau angka-angka dengan fungsi SUM ini lebih sering menjadi pilihan dari pada menggunakan operator plus (+). Cara ini lebih simple dan efisien tentunya.

Sebagai contoh untuk menjumlahkan data angka diatas pada cara pertama rumus excelnya adalah

=SUM(A2:A6)

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Excel

Cara Ketiga


Selain fungsi SUM, Excel juga menyediakan beberapa fungsi lain untuk penjumlahan khusus. Diantaranya: Fungsi SUMIF untuk menjumlah data berdasarkan satu kriteria atau syarat tertentu. Fungsi SUMIFS untuk menjumlah data berdasarkan lebih dari satu kriteria atau syarat tertentu (Banyak kriteria). beberapa varian lain Fungsi SUM , SUBTOTALSUMPRODUCTCOUNTCOUNTAdan lain-lain yang insyaAllah akan saya bahas pada kesempatan lain.
Gunakan tanda sama dengan (=) untuk mengawali penulisan rumus excel.

Rumus Pengurangan Excel


Rumus excel ntuk melakukan pengurangan adalah menggunakan operator minus (-). Excel tidak menyediakan fungsi khusus seperti penjumlahan dengan fungsi SUM. Kenapa demikian? saya tidak tahu. ehehehehe.

Cara penulisan rumusnya sederhana. seperti menuliskan soal pengurangan. Hanya pada awal rumus harus dikasih tanda sama (=) dengan ini sebagai tanda bahwa yang kita tuliskan adalah rumus excel/formula. dan hal ini berlaku dalam penulisan rumus excel apapun. contoh : untuk mengurangi angka 50 dengan angka 10 rumus excelnya:

=50-10

Untuk mengurangi angka didalam cell tertentu misalnya cell B6 berisi angka 50 kita kurangi B2 beerisi angka 10 maka rumus excelnya menjadi:

=A6-A2

Perhatikan gambar berikut.

Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Excel

Rumus Perkalian Excel


Cara Pertama


Rumus excel untuk melakukan perkalian adalah menggunakan operator asterik atau tanda bintang (*).

Cara Kedua


Cara kedua untuk melakukan perkalian adalah dengan menggunakan fungsi PRODUCT.

Untuk lebih jelasnya lihat penggunaan kedua cara tersebut dalam rumus excel pada gambar dibawah:

Rumus Perkalian dan Pembagian Excel

Rumus Pembagian Excel


Untuk melakukan pembagian dalam rumus excel adalah menggunakan operator slash atau garis miring(/). Cara menggunakannya dalam rumus excel sama dengan cara=cara sebelumnya.

Perhatikan gambar berikut:

Rumus Perkalian dan Pembagian Excel

Seperti yang semestinya kita ketahui excel megnikuti aturan internasional dalam hal perhitungan sehingga peletakan tanda kurung "( )" juga akan mempengaruhi hasil perhitungan dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian.
Demikian yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita dalam menggunakan Microsoft Excel sebagai pemula seperti saya.

4 Cara Membuat Nomor Urut "Otomatis" Dengan Microsoft Excel

4 Cara Membuat Nomor Urut "Otomatis" Dengan Microsoft Excel

Ketika kita membuat sebuah tabel data, membuat nomor urut adalah sesuatu yang lazim kita lakukan. Untuk membuat nomor urut bisa kita lakukan dengan mengetikkan angka satu persatu pada sel tertentu yang kita kehendaki.

Cara membuat nomor urut seperti ini tentu sangat mudah, namun bagaimana jika tabel data yang kita buat memiliki ribuan baris atau record?

Ada banyak cara lain selain mengetikkan angka satu persatu secara manual seperti keterangan diatas. Pada artikel tutorial excel kali ini saya akan membahas beberapa cara lain yang bisa kita lakukan untuk membuat penomoran otomatis pada microsoft excel.

Setidaknya ada 4 Cara yang bisa kita lakukan untuk membuat penomoran pada microsoft Excel. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat penomoran otomatis.


1. MENULIS SECARA MANUAL


Membuat Nomor Urut Excel Secara Manual

Cara membuat penomoran yang pertama adalah dengan cara menuliskan urutan angka satu persatu secara manual. Mengetikkan angka secara manual seperti ini bisa dibilang cara yang paling dasar dan mudah. Namun demikian cara ini termasuk cara yang sering saya hindari. kenapa? coba bayangkan saja jika nomor urut data yang kita buat berjumlah ribuan.

Cara membuat nomor urut secara manual semacam ini sebaiknya anda tinggalkan. Alternatifnya adalah cara kedua dibawah ini.

2. MEMBUAT PENOMORAN OTOMATIS DENGAN AUTO FILL


Membuat Nomor Urut Otomatis Excel Dengan AutoFill

Cara kedua adalah dengan menggunakan fitur autofill pada microsoft excel. Membuat nomor urut otomatis dengan memanfaatkan fitur autofill excel ini cukup mudah. Kita cukup membuat satu dua nomor sebagai awalan kemudian kita cukup dragging ke bawah atau ke arah yang kita kehendaki.

Cara seperti ini merupakan cara yang sering digunakan oleh pengguna excel dalam membuat penomoran otomatis pada microsoft excel. Untuk langkah-langkah detailnya sudah saya bahas pada artikel tutorial excel terdahulu dengan judul "Belajar Menggunakan Auto Fill Data pada Microsoft Excel".

Menggunakan autofill excel sangat efektif jika nomor urut yang kita buat hanya berkisar puluhan atau ratusan. Jika jumlah data yang akan kita beri nomor urut ribuan, menurut saya cara ini kurang efektif.

Masih adakah cara lainnya? ya, jika anda bermaksud membuat nomor urut berjumlah ribuan gunakan cara nomor tiga.

3. MEMBUAT PENOMORAN OTOMATIS DENGAN MENU FILL


Jika record atau baris tabel data yang akan kita buat berjumlah ribuan saya sarankan memakai cara ini untuk membuat penomoran otomatis.

Lalu bagaimana langkah-langkah membuat penomoran otomatis dengan menu fill excel ini? ikuti cara membuat penomoran otomatis dengan menu fill berikut:
  1. Tuliskan secara manual nomor awal (pertama) penomoran yang akan kita buat. Dalam contoh ini saya menuliskan angka 1 (satu) pada cell A2. Kemudian Pilih/ Select cell A2 tersbut.
  2. Pilih menu HOME--Group EDITING--FILL--Series... seperti gambar berikut
  3. Muncul Option Box "Series"
  4. Jika penomoran otomatis yang akan kita buat ke arah bawah atau dalam satu kolom maka pilihlah "Columns". sebalikanya pilihlah Rows (Baris)jika penomoran yang akan kita buat ke arah kanan. Pada contoh ini saya pilih Columns.
  5. Pada bagian type pilihlah "Linear"
  6. Pada bagian Step Value isilah penambahan pada setiap urutan penomoran. Defaultnya adalah 1.
  7. Pada bagian Stop Value isilah nomor terakhir yang kita kehendaki misalnya 1000.
  8. Klik OK dan lihat hasilnya.

Perhatikan gambar berikut untuk lebih jelasnya :

Membuat nomor urut otomatis dengan menu FILL
Membuat nomor urut otomatis dengan menu FILL excel 1

Membuat nomor urut otomatis dengan menu FILL
Membuat nomor urut otomatis dengan menu FILL excel 2

Membuat nomor urut otomatis dengan menu FILL
Membuat nomor urut otomatis dengan menu FILL excel 3

Dengan cara ini membuat penomoran sammpai ribuan atau jutaan tentu sangatlah mudah. Tentunya lebih efektif daripada memakai autofill seperti cara kedua. Ehh sudah tahu berapa jumlah kolom dan baris maksimal Microsoft Office? Jangan sampai salah mengisi Stop value melebihi batasan kemampuan Excel. Baca Artikel "Spesifikasi dan Batasan Microsoft Excel" untuk mengetahuinya.

Jika nomor urut yang kita kehendaki berdasarakan syarat atau kriteria tertentu bagaimana cara membuatnya?

4. MEMBUAT PENOMORAN OTOMATIS DENGAN RUMUS EXCEL


Selain dengan ketiga cara diatas masih ada cara lain untuk membuat penomoran otomatis pada microsft excel. Cara keempat ini adalah dengan menggunakan rumus-rumus excel.

Rumus excel yang sering digunakan untuk penomoran otomatis antara lain fungsi IFCOUNTCOUNTAROW dan lain-lain sesuai kebutuhan. Fungsi-fungsi Excel ini bisa digunakan untuk membuat sebuah rumus excel untuk membuat penomoran otomatis berdasarkan kriteria tertentuMisalnya nomor pada kolom A akan muncul jika kolom B ada isinya.

Khusus untuk penomoran dengan rumus excel ini akan saya bahas tersendiri pada artikel berikut:


Barangkali anda punya masalah dengan penomoran otomatis excel ini. Sampaikan dikolom komentar pada bagian bawah artikel ini. Lain waktu akan saya buatkan tutorialnya.

Akhirnya cara membuat nomor otomatis yang mana yang anda pilih? Atau sobat punya alternatif lain? Beritahu saya jika ada. Saya juga masih belajar sob ...

Rumus Excel untuk Menghitung Umur Dengan Excel

Rumus Excel untuk Menghitung Umur Dengan Excel

Jika anda bermaksud menghitung umur dengan microsoft excel dengan cara langsung memasukkan rumus excel mengurangi tanggal sekarang dengan tanggal lahir maka hasil yang anda peroleh tidak akan sesuai dengan keinginan. Kenapa? hal ini disebabkan excel menggunakan nomor seri dalam format tanggalnya seperti yang sudah saya singgung sedikit pada postingan sebelumnya tentang beberapa fungsi yang berkaitan dengan tanggal dalam Microsoft Excel.

Perlu anda ketahui bahwa nomor seri atau angka 1 jika anda format tanggal maka akan menghasilkan 1 Januari 1900 dan angka 2 akan menghasilkan 2 Januari 1900, sedangkan pada saat saya menulis artikel ini yakni 4 April 2016 nomor seri atau format angkanya adalah "42464".

Lalu bagaimana cara menghitung umur dengan microsoft Excel? Untuk menghitung Umur ada dua cara yang bisa anda lakukan, pertama dengan fungsi "YEAR" dan yang kedua dengan menggunakan fungsi "DATEDIF". Lalu bagaimana cara memasukkan dua fungsi tersebut ke dalam rumus excel? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut barangkali anda mau membaca dulu tentang sedikit perbedaan rumus dan fungsi dalam excel.

A. MENGHITUNG UMUR DENGAN FUNGSI "YEAR" EXCEL

Fungsi "YEAR" digunakan untuk Mengonversi nomor seri menjadi tahun
Sebagai contoh perhatikan gambar berikut :

Menghitung Umur Dengan Excel

  1. Buatlah sebuah tabel dengan kolom-kolom seperti gambar diatas
  2. Masukkan nama dan tanggal lahir pada setiap barisnya secara manual
  3. Masukkan tanggal sekarang secara manual pada cel C2,C3 dan C4 atau dengan menggunakan fungsi "TODAY" atau "Now". Cara menulis rumus excelnya "=TODAY()" atau "=NOW()". Abaikan tanda petik dua(")
  4. Pada cel D2 masukkan rumus "=YEAR(C2)-YEAR(B2)". Abaikan tanda petik dua(")
  5. Tekan ENTER.
  6. Untuk menambahkan tulisan "Tahun" gunakan operator teks sehingga rumusnya menjadi "=YEAR(C2)-YEAR(B2)& " Tahun"". Didalam rumus tulisan tahun harus diapit tanda petik
Fungsi "TODAY" digunakan untuk mendapatkan tanggal hari ini.
Fungsi "NOW" digunakan untuk mendapatkan tanggal dan waktu saat ini.
Jika data yang anda masukkan banyak anda bisa menggunakan autofill data excel.
Kekurangan menghitung umur dengan Fungsi "YEAR" ini adalah kita tidak bisa menghitung umur sampai pada detail bulan dan hari. Untuk mendapatkan detail umur sampai detail bulan dan hari maka fungsi yang bisa kita gunakan adalah fungsi DATEDIF.

B. MENGHITUNG UMUR DENGAN FUNGSI "DATEDIF" EXCEL

Fungsi "DATEDIF" adalah fungsi untuk menghitung jumlah hari, bulan, atau tahun di antara dua tanggal.
Perlu anda ketahui bahwa fungsi ini tidak akan kita temukan di tab formula excel. Alasannya kenapa Microsoft Excel menyembunyikan fungsi ini saya sendiri juga tidak tahu. Yang pasti fungsi ini sangat berguna jika anda bermaksud mencari atau menghitung umur atau usia.

SINTAKS FUNGSI  DATEDIF
DATEDIF(start_date;end_date;satuan)


ARGUMENT FUNGSI DATEDIF

Fungsi DATEDIF memiliki tiga argument yakni start_date,end_date, dan satuan:
  • Start_date : Berisi tanggal yang menunjukkan tanggal yang lebih dahulu, atau tanggal dimulainya periode. Atau dalam kasus mencari umur kita isi dengan tanggal lahir.
  • End_date : Tanggal yang menunjukkan tanggal terakhir, atau tanggal berakhirnya periode. Dalam kasus mencari usia kita isi dengan tanggal saat ini / =NOW().
  • Satuan : Kita isi dengan kode informasi yang ingin kita dapatkan.
Untuk argument satuan, kode yang bisa kita masukkan antara lain:
  • "Y" : Jumlah tahun yang sudah berlalu dalam periode.
  • "M" : Jumlah bulan yang sudah berlalu dalam periode.
  • "D" : Jumlah hari dalam periode.
  • "MD" : Selisih antara hari dalam start_date dan end_date. Bulan dan tahun dari tanggal diabaikan.
  • "YM" : Selisih antara bulan dalam start_date dan end_date. Hari dan tahun dari tanggal diabaikan
  • "yd" : Selisih antara hari dalam start_date dan end_date. Tahun dari tanggal diabaikan.

CONTOH FUNGSI DATEDIF

Sekarang perhatikan gambar berikut sebagai contoh penggunaan fungsi DATEDIF dalm menghitung umur atau usia.

Menghitung Umur Dengan Excel

  1. Buatlah Tabel seperti gambar diatas
  2. Isi Cell A2 dengan nama "Ahmad"
  3. Isi Cell B2 dengan tanggal lahir "01/02/2000"
  4. Isi Cell C2 dengan tanggal hari ini secara manual "04/04/2000" atau dengan "=TODAY()" untuk mendapatkan tanggal hari ini secara otomatis sesuai setting komputer. bisa juga dengan fungsi NOW seperti contoh sebelumnya.
  5. Isi Cell D2 dengan rumus excel =DATEDIF(B2;C2;"Y")
  6. Isi Cell E2 dengan rumus excel =DATEDIF(B2;C2;"YM")
  7. Isi Cell F2 dengan rumus excel =DATEDIF(B2;C2;"MD")
  8. Untuk Cell G2 merupakan gabuangan dari ketiga rumus tersebut dengan tambahan operator teks. Isinya =DATEDIF(B2;C2;"Y")&" Tahun "&DATEDIF(B2;C2;"YM")&" Bulan "&DATEDIF(B2;C2;"MD")&" Hari".
  9. Selain dengan Operator Teks "&" anda juga bisa menggabungkan fungsi-fungsi dalam rumus excel dengan fungsi CONTANTENATE. Masukkan rumus berikut =CONCATENATE(DATEDIF(B2;C2;"Y");" Tahun ";DATEDIF(B2;C2;"YM");" Bulan ";DATEDIF(B2;C2;"MD");" Hari")
  10. Untuk baris yang lain menyesuaikan. Anda bisa memasukkan secara manual atau dengan autofill seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.
Sebagai catatan tambahan bahwa komputer saya memakai setting bahasa indonesia sehingga memakai tanda pemisah argument fungsi/rumus excel titik dua(;). Jika komputer anda memakai setting bahasa Inggris maka pemisah argumentnya memakai koma(,) tanda pemisah argument.

Demikian rumus-rumus excel yang bisa saya jelaskan untuk menghitung umur atau usia dengan program Microsoft Office Excel. Jika anda bingung atau masih ada pertanyaan silahkan disampaikan dikolom komentar dibawah.

Postingan Aplikasi

Revisi Aplikasi SKL

  APLIKASI SKL  DAN  SKHU Revisi Aplikasi SKL Dalam Aplikasi SKL Dan SKHU SD/MI Tahun 2023 Versi Excel Terbaru  ini terdapat beberapa fitur ...